Harga Salep Gentamicin : Manfaat, Dosis, Efek Samping Terbaru 2020

By | Mei 19, 2020
Gambar Harga Salep Gentamicin

Temukan Informasi ➤ Harga Salep Gentamicin : Manfaat, Dosis, Efek Samping. ➤ Ada Penjelasan Lengkap yang Dikutip dari Para Ahli Dokter Hanya di Saungharga.

Apakah Anda saat ini sedang mengalami infeksi pada kulit? Salah satu obat yang sangat direkomendasikan oleh dokter adalah salep Antibiotik. Antibiotik sendiri mampu mengatasi akibat infeksi ringan yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi yang dihasilkan dari bakteri ini kalau lama-kelamaan dibiarin bahkan menjadi penyakit serius seperti contohnya penyakit tumor ringan.

Dari sekian banyaknya produk Antibiotik yang ada dipasaran, salah satu obat atau salep yang kami rekomendasikan berdasarkan resep dokter adalah Salep Gentamicin. Salep Gentamicin ini sendiri termasuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida, yang mampu membunuh dan sekaligus mencegah tumbuhnya bakteri pada tubuh kita.

Apa itu Gentamicin?

Gambar Harga Salep Gentamicin

Gambar Harga Salep Gentamicin

Dikutip dari Alodokter, Gentamicin adalah satu satu obat Antibiotik berbentuk Injeksi, tetes (tincture), krim, dan salep. Obat ini masuk dalam kategori obat resep dari dokter, tidak dijual umum kalau tidak ada rujukan dari dokter. Manfaat atau fungsi utama obat ini adalah untuk mencegah sekaligus mengobati infeksi akibat bakteri.

Dalam pemakaiannya, Gentamicin bisa dipakai untuk orang dewasa dan anak-anak. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui, wajib sekali konsultasikan ke dokter dulu, karena obat ini masih ada rasio terhadap janin manusia.

Peringatan Sebelum Pemakaian

Walaupun sifat obat ini mampu membunuh bakteri dan mengobati, alangkah baiknya Anda baca keterangan penting dibawah ini yang kami tulis berdasarkan anjuran dokter.

  • Jika Anda mempunyai alergi atau riwayat terhadap antibiotik golongan aminoglikosida, maka wajib kasih tahu ke dokter.
  • Bagi Anda yang mempunyai penyakit atau riwayat ginjal, asma, myasthenia gravis, Parkinson, masalah saraf otot, dan masalah elektrolit, maka jangan lupa kasih tahu dokter.
  • Jika Anda sedang melakukan munisasi atau vaksinasi seperti contohnya vaksin tifoid atau BCG, maka jangan lupa kasih tahu dokter sebelum pemakaian obat ini.
  • Untuk ibu hamil dan menyusui sebetulnya bisa menggunakan obat ini, namun harus wajib konsultasikan atau anjuran dari dokter.
  • Bagi Anda yang mengalami infeksi pada mata dan sedang menggunakan obat gentamicin untuk mata, maka hindari aktifitas seperti mengemudi karena potensi mata jadi buram atau samar.
  • Jika pada saat memakai Gentamicin, Anda mengalami alergi atau overdosis maka segera pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Dosis dan Anjuran Pemakaian

Seperti yang sudah kami bahas pada sebelumnya, bahwa ada beberapa jenis bentuk obat Gentamicin, yang artinya setiap obat mempunyai dosis dan aturan pemakaian berbeda-beda dan juga harga Salep Gentamicin berbeda. Berikut adalah dosisnya:

  • Obat tetes mata. Untuk pemakaian tetes mata pada orang dewasa 1 sampai 2 tetes dalam sehari dan maksimal 6 kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak dosisnya sama dengan orang dewasa.
  • Obat tetes telinga. Untuk pemakaian tetes telinga orang dewasa 1 sampai 2 tetes, sehari 3 sampai 4 kali teteskan di area infeksi telinga. Sedangkan untuk anak-anak dosis pemakaianannya sama.
  • Krim dan Salep. Untuk pemakaian orang dewasa dan anak-anak sama yaitu 0,1-0,3%, pemakaian 3-4 kali sehari.

Obat Gentamicin ini dalam bentuk injeksi yang sudah dikemas dan diatur sesuai oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan infeksi yang diderita pada setiap pasien.

Cara Pemakaian Gentamicin yang Benar

Cara Pemakaian Gentamicin

Cara Pemakaian Gentamicin

Dalam pemakaian gentamicin ini tidak boleh sembarangan, karena ini adalah jenis obat Antibiotik. Untuk pemakaian yang disarankan adalah ada pada kemasannya yang sudah tertulis dosis dan aturan pemakaiannya yang diberikan dokter. Walaupun nantinya Anda mengatahui dari kemasannya, tidak ada salahnya Anda membaca aturan pemakainnya dibawah ini:

1. Gentamicin untuk Tetes Mata dan Telinga

Sebelum pemakaian pada mata dan telinga, alangkah baiknya Anda cuci tangan terlebih dahulu dan kemudian bersihkan area yang mau diteteskan. Setelah itu Anda bisa teteskan pada area mata dan telinga yang terinfeksi, lalu diamkanlah sesaat dan setelah itu cuci tangan setelah pemakaian selesai.

Untuk Anda yang sedang memakai softlens, wajib dilepas sebelum pemakaian gentamicin dilakukan. Kalau bisa jangan memakai softlens ketika sedang masa penyembuhan pada bagian mata. Biasanya pemakaian gentamicin tetes reaksinya cepat membaik, namun Anda tidak boleh berhenti menggunakan obat ini sesuai waktu yang dianjurkan dokter.

Untuk Anda yang merasa pemakaian dalam seminggu tidak ada reaksi kesembuhan atau bahkan tambah parah, segeralah temui dokter dan minta dosis yang sesuai. Untuk Anda yang sering pelupa, maka begitu ingat segera pakai ketika ingat, jika dosis pemakaian selanjutnya jarak waktunya masih lama, sedangkan jarak waktunya sudah dekat, abaikan dan pakailah dosis pemakaian waktu berikutnya.

2. Gentamicin Salep dan Krim Kulit

Untuk gentamicin dalam bentuk salep dan cream hanya digunakan untuk penyembuhan pada kulit. Proses awal masih sama seperti obat tetes yaitu cuci tangan dan bersihkan area kulit yang terinfeksi. Jangan lupa keringkan atau kulit dalam kondisi kering ketika mau dioleskan gentamicin krim atau salep.

Oleskan gentamicin secara merata pada area kulit yang terinfeksi sehari 3 sampai 4 kali, kemudian tutup dengan perban area yang sudah diolesin krim atau salep gentamicin. Cek secara berkala kebersihan di area perban atau area yang terinfeksi dan jangan lupa bersihkan tangan pada awal pemakaian dan sesudah pemakaian.

Ingat, ini obat salep dan cream, maka tidak untuk pemakaian atau hindari area mata, hidung dan mulut. Jika sampai terkena tidak sengaja, maka segeralah bersihkan dengan air yang mengalir sampai bersih. Jangan lupa pakailah krim atau salep gentamicin ini secara teratur untuk penyembuhan secara sempurna.

Efek Samping dan Bahaya Gentamicin

Walaupun dalam pemakaian jarang sekali yang mengalami gejala-gejala tertentu. Namun dokter mengatakan ada beberapa kasus yang muncul efek samping seperti mendadak demam, mules dan mual, cepat lelah, mulut terasa kering, nyeri pada persendian, nafsu makan berkurang, gangguan pernapasan, tenggorokan sakit, kejang, pingsan, gangguan ginjal, gangguan penglihatan dan pendengaran.

Jika Anda sampai merasakan gejala atau reaksi alergi obat seperti diatas, maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Untuk Anda yang sedang memakai jenis obat lain dan jika digunakan bersamaan, maka dapat menimbulkan beberapa interaksi berbahaya. Konsultasikan dokter jika Anda sedang memakai jenis obat lain!

Harga Salep Gentamicin

Walaupun ini jenis obat resep dari dokter, dipasaran khususnya di toko online banyak yang menjualnya. Tidak disarankan jika Anda membeli sepengetahuan dokter. Harga Salep Gentamicin di toko online biasanya lebih murah, namun Anda musti waspada untuk menghindari produk palsu. Berikut ini adalah daftar harga salep gentamicin berbagai kemasan.

JenisHarga
Gentamicin Salep / Cream 5grRp 6.000
Gentamicin Tetes Mata 0.3 % isi 5 mlRp 11.000
Gentamicin Sulfate Injeksi Per Box @5 AmpulRp 60.000

Untuk harga salep gentamicin diatas bisa berbeda disetiap kota Anda tinggal, namun perbedaannya tidak akan beda jauh karena harga salep gentamicin sudah ada patokan jualnya dari pabriknya. Untuk harga salep gentamicin di apotik kurang lebih seperti pada di tabel dan tidak beda jauh selisihnya. Tidak ada salahnya Anda menyimak video dibawah ini yang di ambil dari beberapa sumber apoteker:


Mungkin sampai disini untuk informasi Harga Salep Gentamicin yang dapat kami informasikan untuk Anda. Mudah-mudahan dapat membantu Anda yang sedang mencari Harga Salep Gentamicin di apotik terdekat. Sebelumnya kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam penulisan atau sumber informasi yang kami tulis. Sekidan dari kami dan salam sehat selalu :)|

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *